Kemudahan Financial Technology Terhadap Kemampuan Saving Behavior Generasi Z
Abstract
Memasuki revoulusi industry 4.0 yang menggabungkan teknologi otomatisasi, internet dan teknologi konvensional, sektor keuangan mengembangkan teknologi finansial atau Financial Thechnology (Fintech). Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Terlebih pada saat pandemic Covid-19 hal perkembangan teknologi finansial semakin pesat, karena anjuran dari WHO untuk bertransaksi secara nontunai (Cashless). Generasi Z adalah generasi yang tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi pada indutri 4.0. Mereka sudah terbiasa menggunakan teknologi finansial karena lebih praktis, sesuai dengan karakteristik dari generasi Z yang lebih menyukai kemudahan dan efisiensi. Teknologi finansial sudah mencapai berbagai lini transaksi dari payment system, pendanaan bahkan investasi. Generasi Z memiliki tingkat literasi keuangan yang kurang, sehingga teknologi finansial yang tersedia mempengaruhi saving behavior.
References
Ahmad Zafrullah Tayibnapis, L. E. (2018). The Development of Digital Economy in Indonesia. International Journal Of Management & Bussines Studies, 14-18.
Aldi Chirstanto, L. B. (2022). Pengaruh Financial Literacy dan Self Control Terhadap Saving Behavior Mahasiswa Kota Surabaya. Jurnal Smartindo , 56-59.
ALPHA JWC VENTURES. (2023, Januari 5). 7 Jenis Fintech yang Berkembang di Indonesia. Retrieved from https://www.alphajwc.com/: https://www.alphajwc.com/id/jenis-fintech-di-indonesia/
Aulia, S. (2020, Desember 7). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. pp. 311-324.
Bank Indonesia. (2022, Desember 12). BULAN FINTECH NASIONAL, 1,5 JUTA MASYARAKAT BERPARTISIPASI DAN DAPATKAN EDUKASI FINTECH DARI PEMERINTAH, ASOSIASI, DAN PELAKU INDUSTRI. Retrieved from bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2433922.aspx
Bank Indonesia. (2023, Maret 31). DOMPET DIGITAL NAIK DAUN, MEMBETOT MINAT KALA PANDEMI. Retrieved from bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Dompet-Digital--Naik-Daun,-Membetot-Minat-Kala-Pandemi.aspx
Chrismastianto, I. A. (2017). ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANSIAL TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERBANKAN DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 1, 133-144.
Delfia Wulandari, P. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Generasi Z Di Kota Padang. Jurnal Riset Psikologi, 178-186.
Hadion Wijoyo, S. (2020). GENERASI Z & REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Banyumas: CV Pena Persada.
Jessica Claudia, I. W. (2022). Pengaruh Financial Literacy dan Pendapatan terhadap Saving Behavior Orangtua Mahasiswa. E-QIEN, 250-254.
Kazia Laturette, L. P. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 131-139.
OJK Indonesia. (2022, Oktober 27). GENERASI MUDA SEHAT FINANSIAL? BISA! Retrieved from sikapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40776
OJK INDONESIA. (2023, April 6). MENGAPA GEN Z DAN GENERASI MILENIAL CENDERUNG LEBIH SUKA BERUTANG? Retrieved from sikapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40800
Pengaruh Digital Financial Literacy Terhadap Saving dan Spending Behavior Mahasiswa Akuntansi Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya. (2022). pp. 1-19.
Rahadi, D. D. (2020). Financial Technology. PT Filda Fikrindo.
Rahayu, Y. (2020). Saving Behavior in Generation Z. e-juornal um-sorong, 87-96.
Rensi Suryanti, W. S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SAVING BEHAVIOR GENERASI MILLENIAL. JURNAL AKUNTANSI BISNIS PELITA BANGSA-VOL . 6, 47-48.
Riana, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Saving Behavior (Studi Kasus Mahasiswa Kelas Reguler B Fakultas Ekonomi Universitas Tridinati Palembang). Unived, 263-278.
YUK MENGENAL FINTECH! KEUANGAN DIGITAL YANG TENGAH NAIK DAUN. (n.d.). Retrieved from Sikapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468
Yusvitasari, A. (2019, Maret 11). Pengaruh Financial Knowledge dan Peran Orangtua Terhadap Perilaku Menabung Generasi Z Dengan Locus of Control Sebagai Variabel Mediasi. pp. 1-16.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Yunianto, A., & Lestari, L. (2015) “The Effect Of Empowerment On Employee Performance With Organizational Commitment As
Mediating Variable And Organizational Culture As Moderation Variable” Post Graduate, Stikubank University, ISSN 2302-
Vol.2 No.1 May 2015
Bila bermanfaat silahkan share artikel ini
Berikan Komentar Anda terhadap artikel Kemudahan Financial Technology Terhadap Kemampuan Saving Behavior Generasi Z
Pages: 99−102
Copyright (c) 2023 Vitaliana Rinjani, Vina Arnita, Vina Arnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).

