Kemudahan Financial Technology Terhadap Kemampuan Saving Behavior Generasi Z


  • Vitaliana Rinjani * Mail Universitas Terbuka, Medan, Indonesia
  • Vina Arnita Univesitas Terbuka, Medan, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Teknologi Finansial; Generasi Z; Saving Behavior

Abstract

Memasuki revoulusi industry 4.0 yang menggabungkan teknologi otomatisasi, internet dan teknologi konvensional, sektor keuangan mengembangkan teknologi finansial atau Financial Thechnology (Fintech). Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Terlebih pada saat pandemic Covid-19 hal perkembangan teknologi finansial semakin pesat, karena anjuran dari WHO untuk bertransaksi secara nontunai (Cashless). Generasi Z adalah generasi yang tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi pada indutri 4.0. Mereka sudah terbiasa menggunakan teknologi finansial karena lebih praktis, sesuai dengan karakteristik dari generasi Z yang lebih menyukai kemudahan dan efisiensi. Teknologi finansial sudah mencapai berbagai lini transaksi dari payment system, pendanaan bahkan investasi. Generasi Z memiliki tingkat literasi keuangan yang kurang, sehingga teknologi finansial yang tersedia mempengaruhi saving behavior.

References

Ahmad Zafrullah Tayibnapis, L. E. (2018). The Development of Digital Economy in Indonesia. International Journal Of Management & Bussines Studies, 14-18.

Aldi Chirstanto, L. B. (2022). Pengaruh Financial Literacy dan Self Control Terhadap Saving Behavior Mahasiswa Kota Surabaya. Jurnal Smartindo , 56-59.

ALPHA JWC VENTURES. (2023, Januari 5). 7 Jenis Fintech yang Berkembang di Indonesia. Retrieved from https://www.alphajwc.com/: https://www.alphajwc.com/id/jenis-fintech-di-indonesia/

Aulia, S. (2020, Desember 7). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. pp. 311-324.

Bank Indonesia. (2022, Desember 12). BULAN FINTECH NASIONAL, 1,5 JUTA MASYARAKAT BERPARTISIPASI DAN DAPATKAN EDUKASI FINTECH DARI PEMERINTAH, ASOSIASI, DAN PELAKU INDUSTRI. Retrieved from bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2433922.aspx

Bank Indonesia. (2023, Maret 31). DOMPET DIGITAL NAIK DAUN, MEMBETOT MINAT KALA PANDEMI. Retrieved from bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Dompet-Digital--Naik-Daun,-Membetot-Minat-Kala-Pandemi.aspx

Chrismastianto, I. A. (2017). ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANSIAL TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERBANKAN DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 1, 133-144.

Delfia Wulandari, P. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Generasi Z Di Kota Padang. Jurnal Riset Psikologi, 178-186.

Hadion Wijoyo, S. (2020). GENERASI Z & REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Banyumas: CV Pena Persada.

Jessica Claudia, I. W. (2022). Pengaruh Financial Literacy dan Pendapatan terhadap Saving Behavior Orangtua Mahasiswa. E-QIEN, 250-254.

Kazia Laturette, L. P. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 131-139.

OJK Indonesia. (2022, Oktober 27). GENERASI MUDA SEHAT FINANSIAL? BISA! Retrieved from sikapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40776

OJK INDONESIA. (2023, April 6). MENGAPA GEN Z DAN GENERASI MILENIAL CENDERUNG LEBIH SUKA BERUTANG? Retrieved from sikapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40800

Pengaruh Digital Financial Literacy Terhadap Saving dan Spending Behavior Mahasiswa Akuntansi Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya. (2022). pp. 1-19.

Rahadi, D. D. (2020). Financial Technology. PT Filda Fikrindo.

Rahayu, Y. (2020). Saving Behavior in Generation Z. e-juornal um-sorong, 87-96.

Rensi Suryanti, W. S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SAVING BEHAVIOR GENERASI MILLENIAL. JURNAL AKUNTANSI BISNIS PELITA BANGSA-VOL . 6, 47-48.

Riana, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Saving Behavior (Studi Kasus Mahasiswa Kelas Reguler B Fakultas Ekonomi Universitas Tridinati Palembang). Unived, 263-278.

YUK MENGENAL FINTECH! KEUANGAN DIGITAL YANG TENGAH NAIK DAUN. (n.d.). Retrieved from Sikapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468

Yusvitasari, A. (2019, Maret 11). Pengaruh Financial Knowledge dan Peran Orangtua Terhadap Perilaku Menabung Generasi Z Dengan Locus of Control Sebagai Variabel Mediasi. pp. 1-16.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yunianto, A., & Lestari, L. (2015) “The Effect Of Empowerment On Employee Performance With Organizational Commitment As

Mediating Variable And Organizational Culture As Moderation Variable” Post Graduate, Stikubank University, ISSN 2302-

Vol.2 No.1 May 2015


Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Kemudahan Financial Technology Terhadap Kemampuan Saving Behavior Generasi Z

Article History
Published: 2023-08-30
Abstract View: 297 times
PDF Download: 299 times
Issue
Section
Articles