Studi Empiris Tentang Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Intrinsik Dan Intensi Berwirausaha


  • Rahayu Mardikaningsih Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
  • Siti Nur Halizah Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
  • Didit Darmawan * Mail Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
  • Abdul Hafidz Rosydi Fuady Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
  • (*) Corresponding Author
Keywords: pendidikan kewirausahaan; motivasi intrinsik; intensi berwirausaha mahasiswa; kurikulum

Abstract

Identifikasi berdasarkan pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi intrinsik terhadap intensi motivasi untuk berwirausaha mahasiswa menjadi tujuan studi empirisnya. Data penelitian yang terkumpul diperoleh dari beberapa mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi Kota Surabaya. Penelitian kuantitatif melalui metode survei menjadi pendekatan penelitian ini agar data dari 100 responden dapat dikumpulkan. Sampel ditentukan dengan cara accidental sampling. Selanjutnya data yang telah diperoleh akan dianalisis ke tahap analisis regresi linier berganda. Studi ini dapat mengungkapkan bahwa dari pengaruh yang diberikan oleh pendidikan kewirausahaan dan motivasi intrinsik ternyata signifikan untuk membentuk intensi berwirausaha mahasiswa. Temuan ini bagi perguruan tinggi berkontribusi terhadap kurikulum pendidikan kewirausahaan yang semakin berkembang dan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha juga lebih kuat.

References

S. Takalapeta, “Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan,” vol. 3, no. 3, pp. 34–38, 2018.

W. Insyroh and T. Setyowati, “Determinan Kualitas Pelayanan , Harga dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Flash Di Bondowoso,” vol. 2, no. 3, pp. 132–140, 2018.

E. Elisa, “PREDIKSI PROFIT PADA PERUSAHAAN DENGAN,” vol. 5, no. 2, pp. 179–189, 2018.

N. T. Nugroho, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survey pada Pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta) Novemy,” vol. 12, no. 2, pp. 114–122, 2015.

I. R. Nasution, Dzukron Hamidan, “THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY TO CUSTOMER SATISFACTION FIRST MEDIA IN,” vol. 4, no. 3, pp. 2332–2341, 2017.

S. Faisal, “Klasifikasi data minning menggunakan algoritma c4.5 terhadap kepuasan pelanggan sewa kamera cikarang,” vol. 4, no. April, pp. 1–8, 2019.

I. P. Hariyadi, “DATA MINING ANALISA POLA PEMBELIAN PRODUK,” pp. 6–7, 2016.

M. F. Rosas, “Classification and Regression Decision Tree : A Mining Technique for Students ’ Insights on the University Services with Text Analysis,” 2018 9th IEEE Annu. Ubiquitous Comput. Electron. Mob. Commun. Conf., no. 1, pp. 971–976, 2018.

A. S. Febriarini and E. Z. Astuti, “Penerapan Algoritma C4 . 5 untuk Prediksi Kepuasan Penumpang Bus Rapid Transit ( BRT ) Trans Semarang,” pp. 95–103.


Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Studi Empiris Tentang Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Intrinsik Dan Intensi Berwirausaha

Article History
Published: 2023-04-30
Abstract View: 98 times
PDF Download: 96 times
Section
Articles